Minggu, 07 Juni 2015

Tugas 6 Buku Manajemen Sistem Informasi Karangan Mc Leod



Menggunakan Teknologi Informasi untuk Terlibat dalam Perdagangan Elektronik

Electronic commerce, disebut juga e-commerce, adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk menyelesaikan proses bisnis. Dalam pengertian populer, e-commerce adalah penggunaan Internet dan komputer dengan Web browser untuk membeli dan menjual produk.Meskipun pengertian tersebut benar, hal itu hanyalah bagian kecil dari e-commerce.Sebagian besar e-commerce terjadi antarbisnis, bukan antara bisnis dan pelanggan.
Bisnis-bisnis telah saling bertukar data secara elektronik selama bertahun-tahun sebagai usaha membuat operasi yang lebih efisien.Garis komunikasi yang mereka gunakan seringkali disewakan oleh perusahaan pesawat telepon (AT&T, MCI, dan lain-lain), dan perangkat keras komunikasi khusus digunakan untuk memfasilitasi transfer data antarkomputer bisnis tersebut.Format pertukaran data yang standar telah ditetapkan sehingga bisnis manapun yang ingin bertukar data secara elektronik dapat melakukannya.Pertukaran data business-to-business tersebut mendukung e-commerce.
E-commerce pada business-to-consumer adalah perkembangan yang terbaru dan tampaknya semua orang menelusuri Web untuk membeli buku dan musik.Tingkat penjualan business-to-consumer sangatlah kecil dibandingkan penjualan business-to-business, tetapi tetap memiliki peluang untuk pertumbuhan dan keuntungan yang besar.Untuk dapat bertahan, sebuah perusahaan harus mengerti peran Internet dan World Wide Web dalam menyediakan infrastruktur yang diperlukan dalam e-commerce.
Meskipun e-commerce saat ini dipertimbangkan sebagai jenis perdagangan yang berbeda, segera hal ini akan menjadi aspek transaksi bisnis sehari-hari. Pesawat telepon, ditemukan pada tahun 1876, memberikan beberapa perspektif.Seperti Internet dan Web, kegunaan telepon hanya terjadi ketika telepon digunakan secara luas.Bisnis menggunakan telepon pertama kali; telepon ketika itu sangat mahal untuk dimiliki setiap rumah tangga. Ketika telepon tidak lagi mahal, telepon menjadi popular, dan bisnis mulai merancang cara agar pelanggan menggunakan telepon untuk berinteraksi terkait penjualan dan layanan. Bisnis berkembang dan berubah untuk mengambil keuntungan dari teknologi, baik teknologi telepon maupun World Wide Web.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar