Menggunakan Teknologi Informasi untuk Terlibat dalam
Perdagangan Elektronik
Electronic
commerce,
disebut juga e-commerce, adalah
penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk menyelesaikan proses bisnis.
Dalam pengertian populer, e-commerce
adalah penggunaan Internet dan komputer dengan Web browser untuk membeli dan menjual produk.Meskipun pengertian
tersebut benar, hal itu hanyalah bagian kecil dari e-commerce.Sebagian besar e-commerce
terjadi antarbisnis, bukan antara bisnis dan pelanggan.
Bisnis-bisnis telah saling
bertukar data secara elektronik selama bertahun-tahun sebagai usaha membuat
operasi yang lebih efisien.Garis komunikasi yang mereka gunakan seringkali
disewakan oleh perusahaan pesawat telepon (AT&T, MCI, dan lain-lain), dan
perangkat keras komunikasi khusus digunakan untuk memfasilitasi transfer data
antarkomputer bisnis tersebut.Format pertukaran data yang standar telah
ditetapkan sehingga bisnis manapun yang ingin bertukar data secara elektronik
dapat melakukannya.Pertukaran data business-to-business
tersebut mendukung e-commerce.
E-commerce
pada business-to-consumer adalah perkembangan
yang terbaru dan tampaknya semua orang menelusuri Web untuk membeli buku dan musik.Tingkat penjualan business-to-consumer sangatlah kecil
dibandingkan penjualan business-to-business,
tetapi tetap memiliki peluang untuk pertumbuhan dan keuntungan yang besar.Untuk
dapat bertahan, sebuah perusahaan harus mengerti peran Internet dan World Wide Web dalam menyediakan
infrastruktur yang diperlukan dalam e-commerce.
Meskipun e-commerce saat ini dipertimbangkan sebagai jenis perdagangan yang
berbeda, segera hal ini akan menjadi aspek transaksi bisnis sehari-hari.
Pesawat telepon, ditemukan pada tahun 1876, memberikan beberapa
perspektif.Seperti Internet dan Web,
kegunaan telepon hanya terjadi ketika telepon digunakan secara luas.Bisnis
menggunakan telepon pertama kali; telepon ketika itu sangat mahal untuk
dimiliki setiap rumah tangga. Ketika telepon tidak lagi mahal, telepon menjadi
popular, dan bisnis mulai merancang cara agar pelanggan menggunakan telepon
untuk berinteraksi terkait penjualan dan layanan. Bisnis berkembang dan berubah
untuk mengambil keuntungan dari teknologi, baik teknologi telepon maupun World Wide Web.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar